Sabtu, 23 Juni 2012

SAINS DAN TEKNOLOGI

Sains adalah ilmu pengetahuan yang teratur (sistematis) yang dapat diuji kebenarannya sesuai dengan realita. Sedangakan tekhnologi adalah keterampilan manusia menggunakan sumber daya alam untuk memecahkan suatu masalah yang dihadapi dalam kehidupan.
Makna sain, tekhnologi dan seni bagi manusia :
·         Perkembangan teknologi
Perkembangan iptek dapat mendatangkan kemakmuran materi. Dengan menggunakan cabang-cabang ilmu pengetahuan baru, kita dapat memperoleh hasil.
·         Iptek dan nilai
 Perkembangan iptek bergerak cepat, sehingga perlu ditanggapi dan dipersiapkan dalam menghadapinya sesuai kebutuhan bangunan. Tekhnologi dapat membawa bencana, sebaliknya juga telah terbukti bahwa bagi mereka yang dapat memanfaatkannya, teknologi tersebut dapat menolong mereka dalam meningkatkan kesejahteraan hidupnya.
·         Manusia sebagai subjek dan objek iptek
Dengan adanya kemajuan ilmu teknologi manusia dapat menciptakan perlengkapan yang canggih untuk berbagai kegiatan sehingga dalam kegiatan kehidupannya tersedia berbagai kemudahan.
Makna dan nilai iptek
1.     Makna iptek 
·         Perkembangan teknologi dapat menghasilkan kemakmuran bagi masyarakat.
·         Sifat ketidakpuasan manusia mendorong kemajuan teknologi digunakan untuk memudahkan kehidupan manusia.
2.    Nilai iptek
·         Iptek dikembangkan sesuai dengan kebutuhan pembangunan.
·         Perkembangan iptek harus mampu menyesuaikan nilai yang dianut suatu masyarakat.
Dampak negatif atas penyalah gunaan IPTEK yaitu akan hancurnya moreal atau akhlak manusia. Karena manusia menyalahgunakan IPTEK tersebut untuk kepentingan “hasrat” sesaat. Dampak negatif yang telah muncul saat ini di antaranya:
1.     Bidang informatika
Kemajuan dari bidang informatika misalnya, banayaknya kejahatan melalui jaringan computer atau internet. Selain itu pula seseorang (khususnya anak-anak) akan rusak kepribadiannya dengan adanya informasi yang tidak benar.
2.    Persenjataan
Dalam bidang persenjataan pula dapat menimbulkan dampak negatif yang kurang baik, misalnya dengan banyaknya persenjataan yang modern pembunuhan seringkali terjadi, teroris dimana-mana, dsb.
3.    Biologi
Kemajuan dalam bidang biologi misalnya cloning (perkawinan silang). Memang dengan adanya ini para ahli dapat menciptakan tumbuhan, hewan, bahkan manusia dalam bentuk yang baru, tetapi jika ini terus terjadi takutnya, mereka akan semakin melupakn sang pencipta, dan akan munculnya dampak superioritas.
4.    Medis
Peralatan medis kini semakin canggih, dampaknya banayak pasien yang tidak mampu harus menjalani diagnosa dengan alatr itu meskipun sebenarnya itu tidak perlu dilakukan. Sehingga, pasien harus membayar secara mahal.
5.    Lingkungan hidup
Jika dampak negatif dari bidang lingkungan hidup contohnya banyaknya oreang yang mendirikan pabrik, tetapi mereka tidak bisa menata limbahnya dengan baik, sehingga akan timbulnya pencemaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar