Minggu, 10 Juni 2012

MANUSIA DAN CINTA KASIH

Cinta kasih, kasih sayang, pemujaan, kemesraan, belas kasihan merupakan bagian dari hidup manusia. Kehidupan yang dipenuhi rasa cinta kasih, kasih sayang dapat membangkitkan kreatifitas manusia.
Menurut kamus bahasa Indonesia W.J.S Poerwadarminta,  cinta kasih diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan. Cinta adalah rasa sangat suka atau sayang ataupun rasa kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih, artinya perasaan sayang atu cinta atau sangat menaruh belas kasihan. Dengan demikian cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan.
Perbedaan antara cinta dan kasih: cinta lebih mengandung pengertian tentang rasa yang mendalam. Sedangkan kasih merupakan ungkapan untuk mengeluarkan rasa, mengarah kepada yang dicintai.
Perbedaan antar cinta dan kasih adalah sebagai berikut:
    Cinta:
-    Bersifat manusiawi
-    Bersifat rohaniah
-    Menunjukkan perilaku memberi
    Nafsu
-    Bersifat jasmaniah
-    Cenderung menuntut
Cinta ideal memiliki 3 unsur, yaitu:
1.    Keterikatan, adalah adanya perasaan untuk hanya bersama dia, segala prioritas untuk dia, dan tidak mau pergi dengan orang lain, kalu janji dengan dia harus ditepati, ada uang sedikit beli ole-oleh untuk dia.
2.    Kiintiman, adalah adanya kebiasaan-kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukkan antara anda dan dia sudah tidak ada jarak lagi.
3.    Kemesraan, yaitu rasa ingin membelai/dibelai, rasa kangen kalau jauh atau lama tidak bertemu, adanya ucapan-ucapan yang mengucapkan rasa sayang, dst.
Ada 4 syarat untuk mewujudkan cinta kasih, yaitu:
1.    Pengenalan
2.    Tanggung jawab (responsibility)
3.    Perhatian (care)
4.    Saling menghormati (respect)
Cinta memiliki 3 tingkatan, yaitu:
1.    Cinta tingkat tertinggi adalah cinta kepada Allah, Rosulullah, dan berjihad di jalan Allah.
2.    Cinta tingkat menengah adalah cinta kepada orang tua, anak, saudara, istri/suami dan kerabat.
3.    Cinta tingkat terendah adalah cinta yang lebih mengutamakan cinta keluarga, kerabat, harta dan tempat tinggal.
Menurut kamus umum bahasa Indonesia karangan W.J.S Poerwadarminta, kasih sayang adalah perasaan sayang, perasaan cinta/perasaan suka kepada seseorang. Dalam kasih sayang sadar/tidak sadar dari masing-masing pihak dituntut tanggung, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, saling pengertian, saling perhatian, saling percaya dan saling terbuka, sehingga keduanya merupakan satu kesatuan yang bulat dan utuh.
Pemujaan adalah salah satu manifestasi cinta manusia kepada Tuhannya yang diwujudkan dalam bentuk komunikasi ritual. Kecintaan manusia kepada Tuhan tiidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia.
Perbuatan atau sifat menaruh belas kasihan adalah orang yang berakhlak. Manusia mempunyai potensi untuk berbelas kasihan. Masalahnya sanggupkah ia menggugah potensi belas kasihannya itu. Cara-cara menumpahkan belas kasihan bergantung kepada situasi dan kondisi. Ada yang memberikan uang, ada yang memberikan barang, ada yang memberikan pakaian, makanan dan sebagainya.
Cinta kasih, kasih sayang, kemesraan, pemujaan, belas kasihan adalah bagian dari hidup manusia, melekat kuat pada diri manusia. Jika semua itu dilandasi dengan selimut cinta yaitu agama, norma, moral dan nilai, maka akan mengarahkan pada kehidupan yang homohumanus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar