Sabtu, 23 Juni 2012

MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK INDIVIDU

Individu berasal dari kata in devided. Dalam bahasa inggris in salah satunya mengandung pengertian tidak ,sedangkan devided artinya terbagi jadi individu artinya tidak terbagi,atau satu kesatuan .Dalam  bahasa latin individu berasal dari kata individium  yang berarti yang  tak terbagi, jadi merupakann suatu sebutan yang dapat dipakai untuk menyatakan suatu  kesatuan yang paling kecil dan tak terbatas.
          Manusia lahir sebagai mahluk individual yang bermakna tidak terbagi atau tidak dipisahkan antara jiwa dan raga .Secara biologis ,manusia lahir dengan keleng kapan fisik tidak berbeda dengan mahluk hewani .Namun secara rohani ia sangat berbeda dengan mahluk hewani apapun .Jiwa manusia merupakan satu kesatuan dengan raganya untuk selanjutnya melakukan aktivitas atau kegiatan .
          Dalam perkembanganya , manusia sebagai mahluk individu tidak hanya bermak na kesatuan jiwa raga ,Tetapi akan menjadi pribadi yang khas dengan corak kepribadianya termasuk kemampuan kecakapanya .Setiap manusia memiliki perbedaan. Hal itu dikarenakan manusia memiliki karakterstik sendiri .Ia memiliki sifat, watak ,keinginan dan cita –cita yang berbeda satu sama lainya .
          Personality (kepribadian) adalah susunan unsur –unsur aqal dan jiwa perbedaan tingkah laku atau tindakan dari tiap –tiap individu atau cirri –ciri watak seorang individu yang konsisten, yang memberikan kepadanya suatu indentitas sebagai individu yang khas. 
Personality (kepribadian) memiliki beberapa unsur  diantaranya :
1.     Pengetahuan,yaitu sesuatu yang kita ketahui sebagai hasil penggunaan panca indera (unsure-unsur akal yang mengisi alam jiwa).
Pengetahuan  dibagi menjadi beberapa bagian yaitu persepsi,apersepsi,
Pengamatan, konsep, dan fantasi.
Segala unsur-unsur pengetahuan tersebut seringkali hilang dalam kesadaran manusia akibat larut dan terpecah-pecah yang disebabkan akal sadar individu tidak lagi menyusun dan menatanya.
2.    Perasaan, yaitu suatu keadaan  dalam kesadaran manusia yang karena pengaruh pengetahuannya dinilainya sebagai keadaan positif atau negatif.
3.    Drive (dorongan), meliputi  dorongan untuk mempertahankan hidup, sex, mencari makan, berinteraksi, meniru, berbakti, dan keindahan.

1 komentar:

  1. Why gambling is so easy and profitable - Dr. Dr.MCD
    If you're 하남 출장안마 not looking for a casino 충주 출장안마 to 대구광역 출장마사지 spend some time with, and not to worry, gambling is one 아산 출장샵 of the easiest and most secure 경상북도 출장마사지 ways to

    BalasHapus