Sabtu, 23 Juni 2012

MANUSIA DAN PERADABAN

Peradaban adalah kebudayaan yang telah mencapai tingkat tertentu pada suatu masyarakat, yang tercermin dalam  tingkat intelektual, keindahan, teknologi, dan spiritual.  Unsur-unsur budaya yang bersifat  halus, indah, tinggi, sopan, luhur, dsb akan terwujud pada waktu perkembangan kebudayaan mencapai pincaknya. Oleh karena itu, masyarakat harus memiliki kebudayaan tersebut sehingga dapat dikatakan memiliki peradaban yang tinggi.
          Peradaban memiliki kaitan erat dengan kebudayaan  dimana kebudayaan pada hakikatnya adalah hasil cipta, karsa dan rasa manusia. Kemampuan cipta (aqal)  yaitu manusia menghasilkan ilmu pengetahuan,  kemampuan rasa manusia  yaitu melalui alat-alat inderanya yang menghasilkan beragam barang seni dan bentuk-bentuk kesenian, sedangkan kemampuan karsa manusia  yaitu  menghendaki kesempurnaan hidup , kemuliaan dan kebahagiaan sehingga menghasilkan berbagai aktivitas hidup manusia untuk memenuhi kebutuhannya.
          Manusia dikatakan makhluk yang beradab sebab manusia dianugrahi harkat, martabat serta potensi kemanusiaan yang tinggi. Dalam perkembangannya bisa jatuh dalam perilaku kebiadaban karena tidak mampu menyeimbangkan atau mengendalikan cipta, rasa dan karsa yang dimilikinya serta manusia tersebut telah melanggar hakikat kemanusiaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar